Salah satu janji Rasulullah akan muncul pembaharu agama Islam yang muncul 100 tahun sekali, disebutkan dalam Kitab Ghayatul Talkhis al Murad min Fatawaa Ibnu Ziyad, berikut daftarnya mulai 100 tahun pertama s/d generasi ke 12 :

مسألة: حديث: «إن الله يبعث لهذه الأمة على رأس كل مائة سنة من يجدد لها دينها» أخرجه أبو داود والحاكم وغيرهما. وفي لفظ آخر: «من كل مائة سنة رجلاً من أهل بيتي» ذكره الإمام أحمد،

(Masalah) Hadits : “Sesungguhnya Allah akan mengutus untuk umat ini setiap masa seratus tahun, orang yang akan memperbaharui agamanya” . Diriwayatkan oleh Abu Dawud, al-Hakim, dan lainnya). Dan dalam lafadz yang lain :"setiap seratus tahun akan muncul lelaki dari Ahlul Baitku", disebutkan oleh Imam Ahmad.

قال السيوطي: وهذا حديث مشهور برواية الحفاظ المعتبرين، ففي المائة الأولى سيدنا عمر بن عبد العزيز، وفي الثانية الإمام محمد بن إدريس الشافعي، وفي الثالثة ابن سريج أو الأشعري، وفي الرابعة الصعلوكي أو أبو حامد الاسفرائيني أو القاضي أبو بكر الباقلاني، وفي الخامسة الإمام الغزالي بلا خلاف، وفي السادسة الفخر الرازي أو الرافعي، وفي السابعة ابن دقيق العيد، وفي الثامنة البلقيني وزين الدين العراقي أو ابن بنت المليق، وكان شيخنا الطنبداوي يذكر أن الشيخ زكريا مجدد المائة التاسعة، وكان السيوطي ينسب التجديد فيها إلى نفسه، ولا شك أن الانتفاع بالشيخ زكريا أكثر وأشهر، فهو المجدد إن شاء الله تعالى

Imam Suyuthi (w. 911H) berkata : hadits ini adalah hadits yang masyhur yang diriwayatkan para hafidz yang mu'tabarah. Maka 100 tahun pertama ada Sayyidina 'Umar bin Abdul Aziz, kedua; Al-Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i, ketiga; Ibnu Suraij atau Al-Asy'ari, keempat; Ash-Shu’lukiy atau Abu Hamid Al-Asfaraini atau Al-Qadhi Abu bakar Al-Baqilany, kelima; Imam Al-Ghozali tanpa perselisihan, Keenam; Al-Fakhrur Razi atau Ar-Rafi'i, ketujuh; Ibnu Daqiq Al-'Ied, kedelapan ; Al-Baqilany dan Zainuddin Al-Iraqi atau Ibnu bintu Al-Muliq. Al-Thanbadawi menyebutkan sesungguhnya Syeikh Zakariya adalah mujadid seratus tahun kesembilan, dan As-Suyuthi menisbatkan dirinya sendiri pada generasi kesembilan ini, tidak diragukan lagi bahwa Syeikh Zakariya lebih banyak bermanfaat dan lebih masyhur, maka dialah mujaddid kesembilan itu, Insya Allah.

قلت: والذي تلقيناه من المشايخ أن المجدد في المائة العاشرة الشيخ أحمد بن حجر الهيثمي أو الإمام محمد الرملي ورجحه بعضهم لكون الإمام ابن حجر مات قبل مضي القرن، وفي الحادية عشرة سيدنا القطب عبد الله بن علوي الحداد علوي، وفي الثانية عشرة القطب أحمد بن عمر بن سميط علوي. وهذا آخر القرن الثالث عشر نرجو من المولى تجديده بأحد من خواصه المقربين اهـ


Gambar Diambil Dari Nahdhatul Ulama'

Perkataanku (penulis : Abdurrahman bin Muhammad bin Husain Ba'alawi, wafat 1320 H) : dan yang telah kami terima dari para guru-guru kami, bahwa Mujaddid pada seratus tahun selanjutnya kesepuluh adalah Syeik Ahmad bin Hajar Al-Haitsami atau Imam Muhammad Ar-Ramli dan yang rajih menurut mereka adalah Al-Imam Ibnu Hajar yang wafat sebelum pergantian abad, dan yang kesebelas adalah Sayyidina Al-Quthub Abdullah bin 'Alawi Al-Haddad 'Alawi, dan yang kedua belas Al-Quthub Ahmad bin Umar bin Smith Alawi. Dan yang terakhir pada abad ketiga belas ini kami berharap penyandang ulama pembaharu ini pada seseorang yang mempunyai ke-khususan-kekhususan yang mendekati para ulama' yang telah disebukan diatas. Selesai.

Sumber :

كتاب غاية تلخيص المراد من فتاوى ابن زياد

Kitab Ghayatul Talkhis al Murad min Fatawaa Ibnu Ziyad

المؤلف

عبد الرحمن بن محمد بن حسين باعلوي (ت1320هـ)

Abdurrahman bin Muhammad bin Husain Ba'alawi (w.1320 H)

Catatan:

Meskipun Adz-Dzahabi mengatakan :

" الذي أعتقده من الحديث أن لفظ ( مَن يُجَدِّدُ ) للجمع لا للمفرد" " تاريخ الإسلام "

(23/180)

yang aku yakini dari hadits ini bahwasanya lafadz (orang yang memperbaharui) adalah untuk sekumpulan orang bukan hanya seorang. (Kitab Tarikh Al-Islam : 23/180)

Tapi paling tidak kita tau siapa "rais" para pembaharu tersebut, sehingga kita tau ajaran yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW sampai dengan sekarang.

**nah, siapakah Mujaddid ketiga belas dan keempat belas (saat ini)?? adakah yang tau??

Syafi'iyah.

Akan segerah hadir, pembaharu Nusantara dari seratus tahun pertama. Insya Allah...
 
Top