Abu Dzar radhiyallah 'anhu berpesan: "Menyendiri tanpa teman lebih baik dari pada berteman dengan orang jahat dan berteman dengan orang shalih lebih baik daripada menyendiri"

Perumpamaan manusia itu seperti pepohonan, ada pohon yang dapat memberikan naungan, tetapi tidak berbuah. Pohon seperti ini adalah perumpamaan bagi orang yang memberikan manfa'at dalam kehidupan dunia, namun tidak memberikan manfa'at bagi kehidupan akhirat. Karena, kemanfa'atan dunia seperti naungan yang mudah sirna. 
Ada juga pohon yang mudah berbuah, tetapi tidak dapat memberikan naungan. Pohon seperti ini adalah perumpamaan bagi orang yang lebih mengutamakan kehidupan akhirat dan menomor duakan kehidupan dunia. 

Ada pula pohon yang berbuah dan dapat memberikan naungan. Pohon seperti ini adalah perumpamaan bagi orang yang dapat menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat. Ada juga pohon yang tidak berbuah dan tidak dapat memberikan naungan, seperti pohon benalu yang getahnya dapat mengotori pakaian dan tidak berbuah. 

Dalam Sya'ir disebutkan:  

Manusia itu bermacam-macam, jika kamu ingin mengenalnya, maka kamu dapat merasakan perbedaannya.   

Tidak ada manusia yang sama, seperti juga tidak ada pohohn yang sama. 

Pohon ini memiliki buah manis yang enak dikecap. Sementara pohon yang itu tidak ada rasanya dam tidak berbuah.  

Orang yang banyak temannya maka musuh-musuhnya akan berfikir dua kali untuk menyerangnya. 

[Nasehat Dari Langit]
 
Top