Al Hasan Al Bashri berkata: "Ada lima macam manusia di duni ini. Pertama, para ulama': Mereka adalah ahli waris para Nabi. Kedua, para zahid: mereka adalah orang-orang yang rendah hati. Ketiga, para pejuang (mujahid), mereka adalah pedang-pedang Allah. Keempat, para pedagang: mereka adalah orang-orang kepercayaan Allah. Kelima, para raja: mereka adalah para penjaga manusia.

Jika orang 'alim menjadi tamak dan senang mengumpulkan harta, maka siapa yang akan menuntun kaum muslimin? Jika orang zahid mencintai dunia, maka kepada siapa kaum muslimin akan mengambil petunjuk? Jika pejuang mencari orang yang ria (sementara amalan orang ria tidak diterima oleh Allah swt) maka siapa yang akan mengalahkan musuh? Jika penguasa menjadi srigala yang buas, maka siapa yang akan menjaga kambing-kambing ternak?
Baca Juga: Tiga Macam Manusia Yang Paling Merugi
Jadi, tidak akan ada manusia yang celaka, kecuali kalau para ulama' mencari muka, para zahid mencintai dunia, para pejuang bersikap ria, para pedagang berkhianat, dan para penguasa yang menzhalimi. Allah swt berfirman: "Dan orang-orang yang zhalim itu kelak akan mengetahui ke mana mereka akan kembali". (QS. As Syu'ara: 227).

(Nasehat Langit)

Ibnu Abbas menuturkan "Jika Ilmuwan (ulama') menjaga ilmunya dan mewariskannya kepada keluarganya, maka mereka akan dapat membuat orang-orang yang hidup sezamannya menjadi baik. Sayangnya, mereka mencurahkan ilmunya untuk meraih keuntungan dunia, akibatnya mereka pun diremehkan oleh orang-orang di dunia".

Wallahu a'lam...
 
Top