Artikel ini, belum kepada inti dari judul, pembahasan kali hanya berkaitan dengan sedikit tips untuk menghilang paenat dalam kehidupan kita. Sebenarnya ini juga masih berkaitan tentang dengan budaya, karena ini juga merupakan beberapa wasilah atau sarana penyampaian pesan kebudayaan yang mengental di masyarakat kita. Beberapa sarana ini juga kemudian dijadikan sebagai alat untuk hiburan sekaligus penyampaian pesan positif yang membudaya.

Hiburan
 
Hiburan adalah kegiatan yang memungkinkan seseorang untuk menjangkau kegembiraan dan kebahagiaan diri mereka sendiri, misalnya melalui rekreasi dan berpartisipasi dalam banyak kegiatan, program atau lainnya. Beberapa orang banyak yang memilih untuk membaca buku atau majalah, menonton TV, karena memang kegiatan ini sangat bervariasi dan juga tergantung kesukaan masing-masing orang. Variasi dunia hiburan terkadang juga dikelompokan pada usia yang berbeda-beda, usia kanak-kanak selera hiburan mereka berbeda dengan selera hiburan orang dewasa, namun juga tidak jarang selera mereka bertemu pada satu titik di mana mereka saling berhubungan dan saling mendukung, misalnya dalam permainan sepak bola, dari anak-anak hingga dewasa pun juga ikut serta.

Ada juga dari mereka yang menemukan kegiatannya sendiri, namun ada juga yang masih bingung mau ngapain, misalnya para jomblo akut. Sebaiknya memang tidak usah bingung, happy saja sodara, penulis juga hari ini masih jomblo, jomblo sampai halal. Insya Allah...
 
Budaya
 
Budaya adalah gaya, cara, atau perilaku orang tertentu. Cara yang dipraktekan dalam kehidupan, baik dalam kehidupan yang sederhana maupun yang kompleks, dalam sastra, seni, musik, bahasa, tradisi, adat istiadat, dan semua kreasi dan inovasi.

Dan budaya ini diperoleh dari melalui cara berfikir atau perasaan seseorang, yang kemudian terciptalah sebuah cara-cara hidup, dari hari demi hari dan dari generasi ke generasi yang kemudian mengental di tengah-tengah masyarakat, disebutlah dia sebagai budaya.

Beberapa bentuk hiburan yang dapat digunakan untuk mentransfer pengetahuan budaya atau menyampaikan pesan, atau ide sosial tertentu untuk meningkat tingkat kesadaran masyrakat:
  1. Menonton Film. Beberapa dari mereka mempercayai bahwa dengan menonton film, bisa membawa mereka kepada tingkat kebahagiaan yang tinggi, tertawa, bahagia, merasa terhibur. Dan kebanyakan anak-anak lebih menyukai menonton program-program hiburan yang membuat mereka tertawa, seperti animasi atau kartun, film anak-anak, dan lain-lain.
  2. Bioskop dan teater. Beberapa orang menemukan formula ini sebagai bentuk terbaik untuk mendapatkan hiburan yang dibutuhkan. 
  3. Komedi. Komedi merupakan hiburan yang dipentaskan dengan kemampuan hebat untuk menghibur orang-orang dari berbagai usia, dan memunculkan rasa kesenangan dan kegembiraan di hati mereka, dan inilah yang banyak dicari orang di waktu luang mereka. 
  4. Komik. Banyak juga yang lebih memilih untuk baik mencari komik gambar, atau yang disebut karikatur atau sketsa tawa dan hiburan, dan lain-lain. Sebuah hobi yang ditarik kepada ruang lingkup seni rekreasi, dan bertujuan tidak hanya menghibur penonton, tapi pengiriman ide sosial tertentu dalam rangka untuk meningkatkan tingkat kesadaran sosial di tengah public, atau bisa juga dengan mendiskusikan masalah sosial tertentu.  
  5. Tari dan musik. Menari (juga bernyanyi) dan mendengarkan musik adalah salah satu dari banyak cara untuk menghilangkan stres dan gangguan mental (seperti jomblo, karena targetnya memang jomblo akut), semacam hiburan dan dan menghiburan diri, sementara yang lain hanya melihat dan mendengarkan saja tanpa komentar untuk mendapatkan kenyamanan dan hiburan terbesar. 
  6. Membaca. Banyak orang, terutama intelektual, cenderung membaca buku dan majalah sebagai hiburan, Mereka menemukan informasi tentang hiburan terbaiknya pada sebuah buku bacaan, kalau yang ini no-komen.
Nah itulah tadi, enam dunia hiburan yang telah membudaya (budaya hiburan) ditengah masyarakat kita, sebagai momentum untuk mencari kesenangan dan kegembiraan saat fikiran kalut dan kusut. Ma'af jika ulisannya belum terarah...

Semoga manfa'at....
 
Top