Guys, suatu aktivitas bermain laptop yang anda lakukan tanpa anda sadari dapat memperpendek umur laptop lho. Apa saja hal yang dapat memperpendek umur laptop anda?

  • Mengecas (charger) laptop tanpa baterai. Yah sebenarnya tindakan ini dapat mengawetkan baterai laptop. Namun, jika anda mengecas laptop secara langsung tanpa baterai, ditakutkan laptop anda lebih cepat rusak. Bisa saja sih laptop dicas tanpa baterai tapi resikonya jika suatu saat mati lampu secara tiba-tiba otomatis laptop juga ikut mati mendadak. Baterai sudah cukup sebagai konverter atau stabilisatornya laptop. Jadi, jika ingin mengecas laptop ketika bermain saya sarankan tetap pasang baterai.
  • Memaksakan laptop bekerja diatas kemampuan aslinya (overclocking) tanpa pendingin yang memadai. Pada umumnya laptop tidak bisa dioverclocking sih, akan tetapi setidaknya ada satu komponen yang dapat dioverclock. Yaitu GPU laptop. Caranya untuk pengguna Nvidia, gunakan Nvidia Inspector dan lakukan overclocking sebesar 10%. Anda sudah berhasil melakukan overclocking, lalu jalankan game yang ingin anda jalankan dan jangan tutup Nvidia Inspector. Namun, perlu diingat jika anda mengoverclock VGA anda secara berlebihan ditakutkan akan memperpendek umur laptop anda bahkan rusak.
  • Memaksakan menjalankan aplikasi diatas spesifikasi yang dibutuhkan.
  • Tidak memperhatikan suhu prosessor atau laptop saat bermain game. Batas suhu prosessor yang aman pada umumnya adalah <90 derajat Celsius. Jika lebih dari itu maka sudah termasuk warning. Lalu, bagaimana cara menurunkan panas pada laptop? Caranya pergi ke power usage -> click more options -> add power profile -> pilih advanced settings. Nah pada bagian maximum power dan minimum power turunkan dari 100% menjadi 50–75%. Jika masih cukup cepat juga, turunkan hingga 20% atau sampai laptop anda terasa lambat ketika menjalankan sesuatu baru tingkatkan sedikit ke batas minimalnya. NOTE: Turunkan juga pada bagian Plugged in selain pada On Battery.
  • Jika anda menggunakan HDD, kurangi bahkan hindari guncangan. Karena HDD rentan terhadap guncangan. Jika anda pengguna SSD, hindari terlalu sering writing data yang menyebabkan berkurangnya umur write pada SSD.

Demikian informasi berdasarkan pengalaman saya dan yang saya telah praktekkan.
Semoga bermanfaat...
 
Top